Pencarian

Sunday, February 21, 2016

makalah kebudayaan india



BAB 1
PENDAHULUAN

India merupakan sebuah wilayah yang memiliki latar belakang historisnilai-nilai realigi cukup panjang, disini lahir berbagai macam aliran filsafat danagama. Seperti pada umumnya masyarakat tradisional dahulu sistem kepercayaanawal yang berkembang di India adalah animisme dinamisme yang kemudian berkembang menjadi agama-agama yang kita kenal sebagai Veda, Hindu, Budha,dan Jainisme.
Periode ini dikenal juga sebagai periode klasik pembabakan agamadi India, adapun masuknya Islam dan Kristen merupakan babak baru dalamsejarah perkembangan agama di India atau sering disebut sebagai periode modern.Agama-agama klasik di India mengalami perkembangan yang unik melalui tahapan-tahapan tertentu yang saling berkesinambungan.
Veda merupakankitab pegangan masyarakat India Kuno yang disinyalir berasal dari bangsa Arya,yaitu bangsa pendatang dari luar India dan kemudian menyingkirkan bangsa asliIndia suku Dravida. Dalam Veda ini tercantum berbagai pedoman tata kelakuanmasyarakat juga tentang mantra-mantra dalam upacara keagamaan yang dipimpinoleh Brahmana, sehingga keberadaan Brahmana pada masa Veda cukup menonjol.
Setelah mengalami masa kejayaannya Veda mengalami pergeseran-pergeserandan kemudian melahirkan sebuah agama baru yaitu Hindu. Ajaran-ajaran Hindutidak jauh berbeda dari ajaran yang tercantum dalam Veda hanya mengalami beberapa penambahan saja.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Budaya India
Bharatanatyam, salah satu dari delapan ditunjuk bentuk tarian klasik India bahasa India, agama, tari, musik, arsitektur, makanan dan kebiasaan berbeda dari tempat ketempat dalam negeri, tetapi tetap memiliki sebuah kesamaan. Budaya India adalah sebuah penggabungan dari beragam sub-budaya yang tersebar di seluruh anak benua India dan tradisiyang beberapa ribuan tua.Dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai "peradaban tertua Bumi", tradisi India tanggalkembali ke 8000 SM dan memiliki catatan sejarah terus-menerus selama lebih dari 2.500 tahun[3] Beberapa unsur budaya beragam India -. Seperti agama-agama India , yoga dan masakan India - telah memiliki dampak yang mendalam di seluruh dunia.

B.     Agama Dan Spiritualitas

 Close-up sebuah patung yang menggambarkan Maitreya di Biara Thikse di Ladakh,India. dharma agama, seperti Hindu dan Buddha, yang asli ke India. Artikel utama: Agama diIndia dan agama-agama India. India adalah tempat kelahiran Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme, yang dikenalsebagai agama-agama India. agama-agama India, juga dikenal sebagai agama dharma adalah bentuk utama dari agama-agama dunia bersama dengan yang Ibrahimi. Hari ini, Hindu danBuddha adalah agama-agama di dunia ketiga dan keempat terbesar masing-masing, dengan lebihdari 2 milyar pengikutnya sama sekali, dan mungkin sebanyak 2,5 atau 2,6 miliar pengikutnyaIndia juga tanah kelahiran untuk Lingayat agama dan Ahmadiyah.India adalah salah satu negara yang paling religius beragam di dunia, dengan beberapamasyarakat yang paling sangat religius dan budaya.

Agama masih memainkan peran sentral dandefinitif dalam kehidupan sebagian besar rakyatnya. Agama dari 80% dari orang adalah Hindu.Islam dilakukan oleh sekitar 13% dari semua orang India Sikhisme, Jainisme dan terutamaBuddhisme yang berpengaruh tidak hanya di India tetapi di seluruh dunia.. Kristen,Zoroastrianisme, Yahudi dan Baha'i Iman juga berpengaruh namun jumlah mereka lebih kecil.Meskipun peran kuat agama di India, ateisme hidup dan agnostik juga memiliki pengaruh terlihat bersama dengan toleransi diri dianggap berasal dari orang lain.


C.    Masyarakat

Menurut Eugene M. Makar, budaya India tradisional didefinisikan oleh hirarki sosialyang relatif ketat. Ia juga menyebutkan bahwa sejak usia dini, anak-anak diingatkan peran dantempat dalam masyarakat. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa banyak yang percaya dewa-dewadan roh memiliki peranan integral dan fungsional dalam menentukan hidup merekaBeberapa perbedaan seperti agama membagi. budaya. Namun, sebuah divisi yang jauhlebih kuat adalah bifurkasi Hindu tradisional menjadi non-polusi dan pekerjaan polusi.
Sosial tabu Ketat telah diatur kelompok-kelompok ini selama ribuan tahun. Dalam beberapa tahunterakhir,. terutama di kota-kota, beberapa baris telah kabur dan kadang-kadang bahkanmenghilang. hubungan Penting keluarga meluas sejauh gotra, garis keturunan atau klan terutama patrilinear ditugaskan untuk seorang Hindu pada saat kelahiran. Di daerah pedesaan &. kadang-kadang di daerah perkotaan juga, itu adalah umum bahwa tiga atau empat generasi keluargahidup di bawah satu atap. patriark sering menyelesaikan masalah keluarga.


D.    Keluarga Dan Pernikahan
Hindu bersama keluarga, pernikahan Diatur di India, dan Perempuan diIndia Sebuah pengantin saat upacara pernikahan tradisional Hindu di Punjab.Keluarga memainkan peran penting dalam budaya India. Untuk generasi, India telah memilikitradisi yang berlaku dari sistem keluarga yang menyatu. Ini adalah sistem dimana diperpanjanganggota keluarga - orang tua, anak, pasangan anak-anak dan keturunan mereka, dll - hidup bersama. Biasanya, anggota tertua laki-laki adalah kepala dalam sistem keluarga bersama India.Dia membuat semua keputusan penting dan aturan, dan anggota keluarga lainnya mematuhinya.
Selama berabad-abad, kawin paksa telah menjadi tradisi dalam masyarakat India. Bahkansaat ini, sebagian besar orang India pernikahan mereka direncanakan oleh orangtua mereka dankeluarga-anggota dihormati, dengan persetujuan dari pengantin. Mereka juga menuntut maskawin, yang telah dilarang oleh pemerintah India, tetapi masyarakat India dan budaya masihmempromosikan dan mempertahankan itu. Mereka berkeliling dengan tidak membiarkan pihak  berwenang mengetahui pengaturan uang . Diatur pertandingan dibuat setelah mempertimbangkanfaktor-faktor seperti usia, tinggi, nilai-nilai pribadi dan selera,.
Latar belakang keluarga mereka(kekayaan, status sosial), mereka kasta dan kompatibilitas astrologi horoskop pasangan '.Di India, pernikahan dianggap untuk hidup, dan tingkat perceraian sangat rendah - 1,1%dibandingkan dengan sekitar 50% di Amerika Serikat perjodohan umumnya memiliki tingkat perceraian jauh lebih rendah.. Tingkat perceraian telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir: "Opini dibagi atas apa fenomena tersebut berarti: untuk tradisionalisnomor meningkat meramalkan pemecahan masyarakat sementara, untuk beberapa modernis,mereka berbicara tentang pemberdayaan baru yang sehat bagi wanita."

E.     Namaste
Namaste, Namaskar atau Namaskara atau Namaskaram, Vanakkam atau Asssalamualaikum bagi masyarakat cara Muslim Agama keinginan Sat Shri Akal adalah umum diucapkanatau ucapan salam di anak benua India. Namaskar dianggap versi yang sedikit lebih formaldibandingkan Namaste namun kedua respek yang dalam mengekspresikan. Hal ini biasanyadigunakan di India dan Nepal oleh Hindu, Jain, Buddha dan Sikh, dan banyak terus menggunakan ini di luar India.
Di India dan budaya Nepal, kata itu diucapkan pada awalkomunikasi tertulis atau lisan. Namun, gerakan tangan yang sama dilipat dibuat biasanya tanpakata-kata pada saat keberangkatan. Secara harfiah, itu berarti "Aku membungkuk kepadamu".Kata ini berasal dari bahasa Sansekerta (namah): untuk membungkuk, hormat, salam hormat, danrasa hormat, dan (te): "untuk Anda". Seperti dijelaskan oleh seorang sarjana India, dalam halliteral Namaste mengacu kepada "Yang berasal dari Allah dalam diriku busur dengan yang Allahdi dalam kamu '.

F.     Festival
Radha dan gopikas merayakan Holi, yang dikenal sebagai "festival warna". Festival di India India, menjadi suatu masyarakat multi-budaya dan multi-agama,merayakan hari libur dan festival dari berbagai agama. Tiga hari libur nasional di India, HariKemerdekaan, Hari Republik dan Gandhi Jayanti, dirayakan dengan semangat dan antusiasme diseluruh India. Selain itu, banyak negara dan daerah memiliki festival lokal tergantung padademografi agama dan bahasa umum. Populer festival keagamaan termasuk festival Hindu Navratri, Diwali, Ganesha Chaturthi, puja Durga, Holi, Rakshabandhan dan Dussehra. Beberapafestival panen, seperti Sankranthi, Pongal dan Onam, "Nuakhai" juga cukup populer.festival tertentu di India dirayakan oleh beberapa agama.

Contoh terkenal termasuk Diwali, yang dirayakan oleh Hindu, Sikh dan Jain, dan Buddh Purnima, dirayakan oleh umat Buddha dan Hindu. festival Islam, seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Ramadhan, dirayakan oleh umat Islam diseluruh India. Festival Sikh, seperti Guru Nanak Jayanti, Baiskhi dirayakan dengan kemeriahan penuh oleh Sikh dan Hindu. Menambahkan warna dengan budaya India, Dree Festival adalahsalah satu festival suku India dirayakan oleh Apatanis lembah Ziro dari Arunachal Pradesh, yangmerupakan negara bagian timur India

G.    Pakaian
Tradisional laki-laki (dhoti) dan memakai perempuan (Sari) pakaian tradisional di Indiasangat bervariasi di berbagai bagian negeri dan sangat dipengaruhi oleh lokal, geografi budayadan iklim. Populer gaya pakaian termasuk pakaian terbungkus seperti sari untuk wanita dan dhotiatau Lungi untuk laki-laki, di samping itu, pakaian dijahit seperti churidar bagi perempuan dankurta-piyama dan celana panjang gaya Eropa dan kemeja untuk pria, yang juga populer.Di India, status sosial seseorang adalah dianggap dilambangkan dengan pakaian nya. etiket gaun India menghambat paparan kulit dan memakai pakaian yang transparan atau ketat pakaian India Kebanyakan terbuat dari bahan katun yang sangat ideal untuk cuaca panas dikawasan ini Sejak cuaca India adalah kebanyakan panas dan hujan., mayoritas orang Indiamemakai sandal Dikenakan oleh wanita di dahi mereka, Bindi ini dianggap sangat menguntungkan tandadalam agama Hindu Secara tradisional, merah bindi (atau sindoor) hanya dipakai oleh para perempuan Hindu menikah,.

Tetapi sekarang telah menjadi bagian dari perempuan fashion. Beberapa tradisi India menganggap Bindi yang akan mewakili mata ketiga.gaya pakaian India telah terus-menerus berevolusi selama sejarah negara itu. Vedic kuno teksmenyebutkan pakaian yang terbuat dari kulit dan daun (dikenal sebagai phataka). Abad ke 11SM Rig-veda menyebutkan dicelup dan bordir pakaian (dikenal sebagai pesas paridhan danmasing-masing) dan dengan demikian menyoroti perkembangan teknik manufaktur garmen yangcanggih selama umur Veda. Pada abad ke-5 SM, Herodotus sejarawan Yunani menggambarkankekayaan kualitas pakaian katun India Pada abad ke-2 Masehi,. muslins diproduksi di Indiaselatan yang diimpor oleh Kekaisaran Romawi dan kain sutra adalah salah satu ekspor utamaIndia kuno bersama dengan rempah-rempah India.  dijahit pakaian di India dikembangkan sebelum abad ke 10 dan selanjutnya dipopulerkan pada abad ke-15 oleh kerajaan Islam di Indiagaya pakaian tetap terbungkus. populer dengan populasi Hindu India sedangkan orang Muslim semakin mengadopsi pakaian disesuaikan. Selama Raj Inggris, pakaian besar India dan industri kerajinan yang lumpuh sehinggamembuat tempat untuk kain industri Inggris. Akibatnya, gerakan kemerdekaan India MahatmaGandhi pemimpin berhasil menganjurkan untuk apa yang disebut sebagai pakaian khadi – ringan tangan-pakaian berwarna tenunan - sehingga mengurangi ketergantungan rakyat India padaindustri Inggris barang. Tahun 1980-an ditandai dengan modifikasi luas untuk mode pakaian India yang ditandaioleh pertumbuhan skala besar sekolah fashion di India, meningkatkan keterlibatan perempuan dalam industri fashion dan mengubah sikap India terhadap multikulturalisme. Perkembangan ini memainkan peran penting dalam perpaduan gaya pakaian India dan Barat.

H.    Seni Drama Tari
Seorang pemain kuchipudi dari Andhra Pradesh. tari India juga memiliki rakyat yang beragam dan bentuk klasik. Di antara tarian rakyat terkenal adalah Bhangra dari Punjab, yang bihu dari Assam, yang Chhau dari Jharkhand dan Orissa, yang ghoomar Rajasthan, yang dan diya dan Garba dari Gujarat, yang Yakshagana dari Karnataka dan lavani dari Maharashtra dan GoaDekhnni . bentuk tari Delapan, banyak dengan bentuk narasi dan unsur-unsur mitologis, telah diberikan status tarian klasik oleh India's National Academy of Music, Tari, dan Drama. Iniadalah: bharatanatyam dari negara bagian Tamil Nadu, Kathak dari Uttar Pradesh, Kathakali danmohiniattam Kerala, kuchipudi bagian Andhra Pradesh, Manipuri Manipur, Odissi dari keadaanOdisha dan sattriya dari AssamDrama dan teater drama India dan teater memiliki sejarah panjang bersama musik dantari.
Kalidasa bermain seperti Shakuntala dan Meghadoota adalah beberapa drama yang lebih tua, orang-orang berikut Bhasa. Salah satu tradisi tertua teater hidup di dunia adalah 2.000 tahunKutiyattam lama Kerala. Ini benar-benar mengikuti Natya Shastra. [56] Ntychrya ManiMadhava Chkyr dikreditkan untuk menghidupkan kembali tradisi drama usia tua darikepunahan.

I.       Musik
Musik India termasuk beberapa varietas agama,, pop rakyat populer,, dan musik klasik.Contoh diawetkan tertua musik India adalah melodi dari Samaveda yang masih dinyanyikan dalam tertentu rauta korban Veda. tradisi musik klasik India yang banyak dipengaruhi olehteks-teks Hindu. Ini mencakup dua gaya yang berbeda: musik Carnatic dan Hindustan.
Panchavadyam candi musik di Kerala.Rekening awal himne musik India ditemukan dalam 1000 SM Samaveda. Iamengusulkan suatu struktur tonal yang terdiri dari tujuh catatan, yang diberi nama, dalam urutan,sebagai Krusht, Pratham, Dwitiya, Tritiya, Chaturth, Mandra dan Atiswr . Ini mengacu padacatatan seruling, yang merupakan instrumen frekuensi saja tetap. Baik musik klasik Hindustandan sistem musik klasik Carnatic didasarkan pada modus melodi (dikenal sebagai Raga),dinyanyikan dengan siklus ritme atau tala.
Prinsip-prinsip yang disempurnakan dalamntyastra (200 SM) dan dattilam (300 AD). Purandaradasa dianggap sebagai "bapak musik Carnatic" (Karnataka Sangeeta pitamaha) Ia menyimpulkan lagu dengan sebuah salam untuk Tuhan Purandara Vittala dan. Diyakini memiliki terdiri sebanyak 475.000 lagu dalam Kannada bahasa hari ini Namun, hanya sekitar 1000 yang dikenal..Tokoh kontemporer bentuk musik India termasuk filmi dan Indipop. Filmi mengacu pada berbagai musik tertulis dan dilakukan untuk bioskop mainstream India, terutama Bollywood, dan menyumbang lebih dari 70 persen dari seluruh penjualan musik di negara tersebut Indi pop adalah salah satu gaya paling populer kontemporer musik India.
J.      Masakan Tradisional
Masakan India mencakup berbagai masakan khas dari berbagai kawasan di India. Ciri khas masakan India adalah pemakaian bumbu serta rempah-rempah yang beraneka ragam. Makanan pokok orang India adalah beras (terutama di India selatan dan timur) dan gandum di India bagian timur. Rempah-rempah seperti merica aslinya berasal dari anak benua India. Cabai menjadi populer di India berkat diperkenalkan oleh orang Portugis. contoh masakan India yang paling populer adalah Murg Makhani dan Martabak



BAB III
KESIMPULAN


Dari hasil uraian diatas, dapat diambil beberapa kesimpulan, antara lain :
1.      India merupakan salah satu negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa dan menjadi negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Dalam sejarah, India merupakan bagian dari rute perdagangan penting pada peradaban kuno seperti Budaya Lembah Indus yang merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama dunia yaitu Hindu, Buddha, Jainisme dan Sikhisme. Selain itu negara India merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada tahun 1947.
2.      Menurut saya satu hal yang paling di banggakan dari India adalah mereka masih memgang teguh kebudayaan leluhurnya dan tetap menjaga dan berupaya tidak terpengaruh dengan modernisasi budaya . Tapi bila kita lihat tidak sepenuhnya kebudayaan India itu baik , kita sebagai bangsa Indonesia bisa mengambil contoh - contoh yang baik dari kebudayaan mereka.
3.      Wanita mengenakan pakaian yang disebut Sari atau Saree, sedangkan pria mengenakan pakaian yang disebut Dhoti atau Lungi. Pakaian yang dijahit juga populer seperti salwar kameez yang dikenakan wanita. Bahan yang digunakan untuk Sari memiliki banyak detil, bahkan ada yang menggunakan benang emas atau benang perak asli.




DAFTAR PUSTAKA









No comments:

Pencarian isi Blog