Pencarian

Sunday, March 13, 2016

10 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat



10 TARIAN TRADISIONAL


1.      Kuda Ronggeng
 

Kuda renggong adalah suatu kesenian khas masyarakat Sunda (Jawa Barat) yang menampilkan 1-4 ekor kuda yang dapat menari mengikuti irama musik. Di atas kuda-kuda tersebut biasanya duduk seorang anak yang baru saja dikhitan atau seorang tokoh masyarakat. Kata renggong adalah metatesis dari ronggeng yang artinya gerakan tari berirama dengan ayunan (langkah kaki) yang diikuti oleh gerakan kepala dan leher.



2.      Ronggeng Gunung Pangandaran
 
Indonesia bukan hanya negara dengan kekayaan panorama alam yang indah tetapi juga memiliki beragam seni tradisional yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Ada banyak kesenian tradisional di Tanah Air yang belum dikenali masyarakat, salah satunya adalah seni tari ronggeng gunung yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini tersebar hampir di seluruh Tanah Pasundan termasuk di Pangandaran yang menjadi tujuan wisata favorit sejak dahulu.



3.      Tari Ketuk Tilu
 
Dahulu, ketuk tilu adalah upacara menyambut panen padi sebagai rasa terima kasih kepada Dewi Sri. Upacara ini dilakukan pada waktu malam hari, dengan mengarak seorang gadis diiringi bunyi-bunyian yang berhenti di tempat luas.





4.      SINTREN

PENTAS SINTREN - Tarian tradisional Sintren dari Desa Bongas Wetan, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Majalengka, mengadakan pentas di Teater Terbuka Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House), Sabtu (10/3) malam.






5.      Kuda Lumping
 
Potret Budaya Tradisional Kuda Lumping di Pangandaran, Banyak yang tidak tau kalau Pangandaran juga memiliki tarian kuda lumping, lokasi yang bertetanggaan dengan Jawa Tengah membuat setengah warga Pangandaran berbahasa jawa, dan salah satu pertunjukan yang biasa digelar adalah kuda lumping



 

6.      Jaipong, Tari Tradisional Simbol Jawa Barat

Jawa Barat merupakan Kota yang berada di pulau jawa bagian barat. Dengan kota yang cukup luas dan didukung beberapa fasilitas  yang baik tidak heran jika Jawa barat merupakan salah satu kota yang makmur dan terstruktur. 








7.      Tari Topeng 
      
     
Satu lagi tarian tradisional dari jawa barat yaitu Tari Topeng. Tari topeng ini sudah mulai dikenal sejak dulu dan sampai sekarang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tari topeng sendiri berasal dari Cirebon.








  8.      Tari Merak

Selain tari jaipong, jawa barat juga memiliki tari tradisional yang tak kalah populer nya yaitu tari Merak. Tari merak lebih dominan nuansa kegembiraan nya, sehingga tak heran jika tari merak juga sering dipakai dalam acara penyambutan tamu serta dipergunakan untuk mengiringi pengantin menuju pelaminan dalam acara pernikahan adat sunda.


 
9.      Tari Cianjuran

 














10.  Kesenian tradisional teater

Kesenian tradisional teater dan sandiwara rakyat dari rumpun seni tutur tradisional menjadi bagian dari 10 persen kesenian tradisional yang punah. Tidak kurang dari 40 kesenian tradisional Jawa Barat dari 243 jenis kesenian terancam punah.

No comments:

Pencarian isi Blog