Pencarian

Saturday, December 22, 2018

Makalah Kelas Maya


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Rumah Belajar merupakan salah satu produk kemdikbud dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet yang biasa disebut dengan e-learning.
Salah satu fitur yang terdapat pada portal Rumah Belajar adalah Kelas Maya. Kelas Maya adalah sebuah fitur yang merupakan perwujudan dari sistem pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan oleh kemdikbud. Oleh karena itu, fitur Kelas Maya merupakan fitur unggulan pada portal Rumah Belajar sekaligus menjadi inti dari portal Rumah Belajar itu sendiri yakni untuk menyelenggarakan sistem pendidikan berbasis e-learning.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud kelas maya ?
2.      Apa aplikasi pendukung kelas maya ?
3.      Bagaimana pemanfaatan social learning network ?

C.    Manfaat
Manfaat kelas maya adalah sebagai berikut :
1.      Mendorong siswa untuk meningkatkan ilmu pengtahuan teknologi.
2.      Dapat melatih siswa untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya.
3.      Mendorong siswa untuk lebih ingin tahu.
4.      Melatih pemikiran kreatif dan inovatif  sehingga lebih menarik dan berkesan daripada kelas yang dilakukan secara konvensional.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kelas Maya
Kelas Maya adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas Maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Yang membedakan kelas maya dengan kelas konvensional yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.
Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.


B.     Kelebihan Dan Kekurangan
1.      Kelebihan
Ø  Menghemat waktu dan biaya
Ø  Dapat menjadi pengalaman pribadi yang positif
Ø  Terdapat banyak referensi tambahan
Ø  Dapat menunjang pembelajaran kelas konveional
Ø  Jangkauan lebih luas
Ø  Pembelajaran lebih kreatif dan efisien
Ø  Menambah pengetahuan tentang IT
2.      Kekurangan
Ø  Koneksi jaringan kecenderungan terhadap media
Ø  Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar
Ø  Siswa yang tidak kreatif akan tertinggal
Ø  Terlalu banyak sumber
Ø  Banyak Penyalahgunaan
Ø  Terlalu banyak virus dari sumber
C.    Pemanfaatan
1) Konektivitas
Akses terhadap beraneka ragam informasi ‘’tersedia’’ dalam skala global. Selama siswa memanfaatkan koneksi internet siswa akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, siswa juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan search enginee seperti Google atau Bing.

2) Fleksibilitas
Belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang siswa laksanakan selama ini (kelas konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi siswa. Akan tetapi dengan kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, siswa memiliki kebebasan dalam menentukan waktu yang tepat kapan siswa belajar dan tempat siswa belajar, selama siswa dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.
3) Interaksi
Evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri. Dengan memanfaatkan TIK, siswa dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun siswa inginkan. Dalam beberapa model ujian, siswa juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga siswa tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda.
4) Kolaborasi
Penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas. Dengan memanfaatkan internet, siswa telah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui internet, siswa dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik mengenai sebuah ide, permasalahan, maupun solusi dengan rekan atau guru . Dengan perangkat ini siswa juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini siswa akan dapat berbagi ide maupun sumber belajar antar teman.
5) Peluang Pengembangan
Konten digital dapat terus menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional. Dalam kelas konvensional, siswa dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan memanfaatkan TIK, guru dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu dan siswa tetap dapat mengikuti instruksi guru siswa tersebut walaupun siswa berada di tempat yang berbeda.
6) Motivasi
Multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan TIK, siswa akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, siswa akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

D.     Model Kelas Maya
1) Model Adjunct
Dalam model ini e-learning digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka di kelas. Model ini dapat dikatakan sebagai model tradisional plus karena keberadaan e-learning hanya sebagai pengayaan atau tambahan saja.

2) Model Mixed/Blended
Model ini menempatkan e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran. Misalnya pembelajaran teori dilaksanakan secara daring, sedangkan pembelajaran praktik dilaksanakan secara tatap muka. Akan tetapi, Bersin (2004) berpendapat bahwa model blended learning merupakan gabungan dari model adjunct dan mixed, sehingga sedikit atau banyak porsi dari elearning, dalam pembelajaran tatap muka, seluruh proses tersebut merupakan blended learning.


3) Model Daring Penuh/Fully Online
Dalam model ini e-learning digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran ialah satu contoh model ini adalah open course ware yang dikelola oleh  assachusetts Institut of Technology (MIT).

E.     Fitur Kelas Maya
Virtual Class mempunyai fitur-fitur yang menarik dan tentunya memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Fitur tersebut seperti:
1.      Konten yang terkait (relevan) dengan tujuan belajar.
2.      Menggunakan metode instruksional, misalnya langsung contoh dan praktek untuk membantu siswa belajar.
3.      Menggunakan gambar dan kalimat sebagai elemen media untuk menyebarkan konten dan metode belajar.
4.      Pembelajaran bisa terjadi secara langsung dengan instruktur (synchronous) maupun secara individu atau otodidak (asynchronous).
5.      Menambah wawasan serta teknik baru yang bertujuan untuk mewujudkan tujuan belajar.

F.     Komponen Kelas Maya
Dalam pembelajaran yang memanfaatkan e-learning dibutuhkan berbagai komponen pendukung yaitu:
1.      Perangkat keras (hardware): komputer, laptop, netbook, maupun tablet.
2.      Perangkat lunak (software): Learning Management System(LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).
3.      Infrastruktur: Jaringan intranet maupun internet.
4.      Konten pembelajaran.
5.      Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.
                               
G.    Contoh Kelas Maya
Edmodo sebagai contoh Social Learning Network (SLN). Salah satu contoh penerapan kelas maya yang paling populer yaitu Edmodo. Edmodo merupakan salah satu jenis Sosial Learning Network (SLN) yang beredar di www.
Beberapa fitur di edmodo yang terkenal dan sangat mudah digunakan antara lain:
  • Kelas maya dengan system Closed Group Collaboration, hanya yang mempunyai kode grup yang bisa mengikuti kelas.
  • Komunikasi menggunakan model media sosial.
  • Manajemen konten pembelajaran
  • Evaluasi pembelajaran.
  • Bisa diawasi juga oleh orang tua siswa.


BAB III
KESIMPULAN

Dengan diadakannya kelas maya, siswa  semakin dimudahkan dalam belajar dan mencari sumber materi. Cara membuat kelas maya pun mudah dilakukan, seperti yang kami contohkan yaitu edmodo. Kelas maya juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, jadi cukup efisien pelaksanaannya. Jadi dilihat dari Kelebihan dan Kekurangan dari kelas maya kami dapat menyimpulkan sebagai berikut, yaitu Kelas maya sangat membantu para siswa dalam belajar dan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara lebih maksimal.

  
DAFTAR PUSTAKA
  
1.      http://zoefar.blogspot.com/2014/05/kelas-maya.html
2.      http://depoknews.com/inilah-manfaat-kelas-maya/
3.      https://www.edmodo.com/










No comments:

Pencarian isi Blog