Pencarian

Tuesday, January 1, 2019

Makalah Penyusunan Program Semester (PROMES)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Alhamdulillah, Segala Puji Syukur senantiasa tercurahkan kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga  makalah ini dapat terselesaikan dengan segala kesalahan dan kekurangannya, guna memenuhi tugas mata kuliah “Perencanaan Sistem Pembelajaran PAI”. Sholawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, dan semoga kita semua termasuk umatnya yang kelak mendapatkan syafa’atnya kelak di hari qiamat. Āmīn.
Makalah ini telah kami susun semaksimal mungkin dan kami juga mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Meskipun kami sebagai penyusun berharap isi dari makalah ini bebas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, tentunya kami menyadari bahwa kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan dan kesempurnaan itu hanya milik Allah semata. Oleh karena itu, kami sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya lapoaran ini diwaktu mendatang. Semoga Allah SWT memberkahi makalah ini, sehingga dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Āmīn...
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Jepara, Desember 2016

                                                                                                     Penyusun


DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar.................................................................................................... i
Daftar Isi............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
A. Latar Belakang......................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah.................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan...................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 2
A. Pengertian Promes.................................................................................... 2
B. Urgensi Promes........................................................................................ 2
C. Langkah-langkah Penyusunan Promes..................................................... 3
D. Manfaat Promes....................................................................................... 5
E. Fungsi Perencanaan Pembelajaran............................................................ 13
BAB III PENUTUP........................................................................................... 17
A. Simpulan.................................................................................................. 17
B. Saran......................................................................................................... 18
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Di dalam pembelajaran yang dinamakan pemikiran sangatlah dibutuhkan. Khususnya di dalam perkuliahan, mahasiswa harus dapat mendeskripsikan implementasinya. Implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap.
Berdasarkan uraian diatas, dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dan penilaian adalah operasionalisasi konsep KTSP yang masih bersifat potensial (tertulis) menjadi actual dalam bentuk kegiatan pembelajaran.
Pengembangan KTSP mencakup berbagai pengembangan program yang salah satu diantaranya adalah program semester. Program semester yaitu berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan
B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian dan komponen dari program semster ?
2.      Bagaimana urgensi program semester ?
3.      Bagaimana langkah-langkah penyusunan program semester ?
4.      Apa manfaat promes ?
5.      Apa fungsi perencanaan pembelajaran ?
C.     Tujuan penulisan
1.      Mengetahui pengertian dan komponen dari program semster
2.      Mengetahui urgensi program semester
3.      Mengetahui langkah-langkah penyusunan program semester
4.      Mengetahui manfaat promes
5.      Mengetahui fungsi perencanaan pembelajaran

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Program Semester
Menurut KBBI, program adalah program dalam sistem persekolahan yang mempersiapkan sejumlah mata pelajaran yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi. Sedangkan semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program semester ialah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.
Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan. Komponen-komponen program semester meliputi:
1.      Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester),


2.      Kompetensi inti,
3.      kompetensi dasar,
4.      materi pokok,
5.      kegiatan pembelajaran,
6.      indikator,
7.      penilaian (teknik, bentuk instrumen, contoh instrumen),
8.      alokasi waktu,
9.      sumber belajar, dan karakter.
Format untuk program semesteran dapat dilihat pada halaman berikut ini.
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran             :
Kelas                           :
Semester                      :
SEMESTER GANJIL
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
ALOKASI WAKTU
BULAN
BULAN
BULAN
TEKS
1.

            Dari format semesteran di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah sebagai berikut:
1.      Tentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah kita kenal , kecuali kalau kita memang diharuskan merumskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
2.      Lihat program tahunan yang telah kita susun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
3.      Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
B.     Urgensi Program Semester
Bila seorang guru mengajar tanpa membuat prota dan promes maka yang terjadi adalah banyak guru yang keteteran menyelesaikan materi yang akan diberikan kepada siswanya, bahkan ada guru yang tidak dapat menyelesaikan materinya.
Pertama, Kemungkinan keterlambatan materi disebabkan oleh kurangnya siswa menangkap materi yang disajikan sehingga guru harus mengulang-ulang materi agar kelas yang diampunya dapat tuntas. Konsekuensinya adalah menambah alokasi waktu untuk materi tersebut, dampaknya justru berpengaruh pada SK dan KD yang lain.
Kedua, Tidak ada peta materi dalam hitungan semester dan tahun, peta materi penting untuk mengetahui distribusi materi terhadap alokasi waktu. Peta materi yang dimaksud tidak lain adalah Program tahunan (Prota) dan Program semester (Promes), kedua program ini disusun untuk menjadi pedoman dan batasan guru untuk menyajikan materi terhadap alokasi waktu, apakah selama satu semester atau selama satu tahun pelajaran.

Beberapa akibat yang timbul oleh tidak adanya Prota dan Promes, antara lain:
1.      Materi tidak tuntas
2.      Tidak jelas alokasi waktu per SK dan KD
3.      Ulangan tidak terkontrol berdasarkan SK dan KD
4.      Pemetaan SK dan KD tidak terstruktur dan sistematik
5.      Pembagian materi per semester tidak jelas
Dan masih banyak lagi, karena begitu pentingnya Prota dan Promes maka guru sebelum melaksanakan pembelajaran harus menyelesaikan kedua program ini. Sebagian guru menjelaskan bahwa sebelum menyusun RPP sebagai rencana skenario pembelajaran, maka Promes dan Prota harus disiapkan terlebih dahulu, sehingga pembagian pertemuan pembelajaran dapat terdistribusi secara keseluruhan berdasarkan SK dan KD dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia.
C.     Langkah-langkah Penyusunan Program Semester
1.      Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester.
2.      Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran.
3.      Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
a.       Hitung alokasi waktu dalam setahun berdasarkan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh satuan pendidikan..
Hal – hal yang diperhatikan adalah :
1.      banyaknya pekan dalam setiap bulan
2.      jumlah pekan efektif per bulan (pekan dimana terjadi KBM)
3.      jumlah pekan tidak efektif (pekan dimana tidak terjadi KBM misal HUT Sekolah, Hari libur umum dan lain-lain)
4.      total pekan, pekan efektif, pekan tidak efektif per tahun.
b.      Hitung alokasi waktu per semester
Hal-hal yang diperhatikan sama dengan perhitungan alokasi waktu dalam setahun.
c.       Menentukan jumlah jam efektif per semester
Hal-hal yang diperhatikan adalah :
1.      Banyaknya pekan efektif pada perhitungan alokasi waktu per semester dikurangi pekan tidak efektifnya. Contoh : Pekan dalam semester ini 26 pekan, yang tidak efektif 9 pekan maka pekan efektif adalah 26-9=17 Pekan.
2.      Jam efektif semester adalah hasil perkalian pekan efektif dengan jumlah jam pelajaran per minggu. Misal : Fisika kelas VII Jumlah jam per minggu 2 jam/ kelas. Maka jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 2 jam pel = 34 jam pel.
d.      Distribusi alokasi waktu
Hal-hal yang diperhatikan adalah :
1.      Hitung banyaknya kompetensi dasar dalam semester berjalan.
2.      Tentukan kedalaman dan keluasan materi pada Kompetensi Dasar tersebut.
3.      Sebarkan jam efektif yang telah dihitung pada setiap Kompetensi Kasar berdasarkan keluasan dan kedalamannya.
4.      jabarkan hasil penyebaran tersebut pada matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan minggu selama 1 semester dengan memperhatikan juga minggu / hari tidak efektif.
4.      Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.
D.    Manfaat Promes
1.      Mempermudah seorang guru dalam proses pembelajaran selama satu semester.
2.      Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan
3.      Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
4.      Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik guru maupun murid
5.      Sebagai alat ukur keefektifan suatu proses pembelajaran sehingga setiap saat dapat diketahui ketepatan dan kelambanan kerja
6.      Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
7.      untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya
E.     Fungsi perencanaan pembelajaran
1.      Dapat berfungsi sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih terarah dan berjalan efisien dan efektif.
2.      Berfungsi sebagai peganggan seorang guru dalam pembelajaran.
3.      Dapat berfungsi untuk  mengukur setiap waktu yang diperlukan dalam menyampaikan bahan pelajaran tertentu, dan menghitung jam pelajaran efektif.
4.      Berfungsi sebagai pencapaian tujuan dalam menyampaikan materi. Melalui perencanaan yang baik, maka proses dan hasil belajar dapat dilakukan secara seimbang.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Program semester sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap bulannya. Tapi kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita menjadi prioritas kita jadi terlewatkan. Jadi wajar saja jika namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal ( menyusun untuk dikerjakan). Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.
B.     Saran
Dengan adanya penugasan membuat makalah ini, marilah kita semakin bersemangat di dalam proses belajar mengajar agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dan juga marilah kita melakukan yang terbaik di dalam kehidupan kita.



DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Umar. Kurikulum berbasis kompetensi. 2004. Bandung : PT Rosda karya
Syah, Darwyn dkk. Perencanaan System Pengajaran Pendidikan Agama Islam. 2007. Jakarta : Gaung Persada Perss.
Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. 2008. Jakarta : Prenada Media Grup,

Arikunto, Suharsimi. Penilaian program pendidikan, Cet 1(JakartaPT. BINA AKSARA, 1988)

No comments:

Pencarian isi Blog